05/12/2019
Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Untuk Meningkatkan Layanan Digitalisasi Kepada Pelanggan
Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Untuk Meningkatkan Layanan Digitalisasi Kepada Pelanggan
Untuk memberikan warna baru dalam dunia digital, mulai 5 Desember 2019, PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan Mobile Apps bernama mTOYOTA.
Aplikasi ini diperkenalkan untuk meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan.
mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya seperti official website, berbagai akun social media, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant TARRA.
Seperti diketahui, dalam 10—15 tahun terakhir telah terjadi pertumbuhan tren penggunaan internet yang didorong oleh perkembangan teknologi digital.
Kondisi ini berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli, maupun layanan yang dibutuhkannya.
Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, saat ini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih dan one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.
Toyota pun menyadari perkembangan tren tersebut dengan menghadirkan berbagai layanan komunikasi digital, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses berbagai hal tentang Toyota.
Digital approach pertama kali dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id).
Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai platform seperti Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan media akan informasi tentang Toyota.
Pada tahun ini, juga telah diperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA”.
Platform berbasis chatting ini merupakan langkah transformasi digital dalam menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif, dan efisien, karena TARRA mampu merespon secara real time & personalized, selama 24 jam 7 hari.
“Untuk dapat mengikuti tren perkembangan dunia digital dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, maka perlu adanya digital approach baru untuk meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudahan akses,” ujar Yoshihiro Nakata, President Director PT TAM, pada acara peluncuran mTOYOTA.
“mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya. Kami berharap, mTOYOTA dapat semakin meningkatkan pelayanan Toyota kepada pelanggan, secara digital,” kata Kazunori Minamide, Marketing Director PT TAM, dalam kesempatan yang sama.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan bahwa mTOYOTA memiliki fitur-fitur yang memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan mulai dari proses search/pencarian, purchase/pembelian, hingga own/kepemilikan. “mTOYOTA memiliki tiga aspek keunggulan, di mana platform digital ini mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement,” jelas Anton.