New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp573.700.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.150.000.000

Explore Get Your Offer
All New GR Corolla

All New GR Corolla

Starting FromRp1.360.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.016.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp448.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp659.700.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp621.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp283.700.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1174

10 Keunggulan Mesin Legendaris 2JZ-GTE Yang Dipakai Oleh Toyota Supra A80

10 Keunggulan Mesin Legendaris 2JZ-GTE Yang Dipakai Oleh Toyota Supra A80

Mesin 2JZ-GTE merupakan mesin yang dipakai Supra dan beberapa mobil Toyota lainnya.

Di dunia balap, dalam maupun luar negeri, mesin ini sangat terkenal meskipun faktanya mesin ini sudah tua, kira – kira 26 tahun sejak pertama kali diluncurkan.

Namun mengapa mesin ini masih menjadi pilihan bagi sebagian kalangan untuk menunjang kegiatan balapnya?

1. Sangat Kuat

Blok mesin dari 2JZ-GTE sangatlah solid dan kokoh.

Material blok mesin yang sangat tebal membuatnya tahan menerima ledakan tenaga dari piston yang sudah dimodifikasi hingga 1.000 hp sekalipun. A

tas dasar itu mesin ini dapat disebut sebagai mesin yang ‘antipeluru’.

2. Mudah Naik Jadi 700 Dk

Meskipun standar pabrikan merekomendasi maksimal di 320 dk, namun nyatanya modifikasi hingga 700 dk tidak membuatnya rentan jebol.

Turbo, Intercooler, External Wastegate, High-Flow Pump dan modifikasi ECU-lah yang harus diubah tanpa harus merombak jeroan mesin lebih lanjut.

3. Tembus 2.000 Dk

Jangan salah, 2000 hp juga bisa dihasilkan mesin legendaris ini, namun kamu butuh turbo dan camshaft yang lebih besar, port and polish, pompa BBM yang lebih kuat dan sejumlah perubahan mayor lainnya.

Salah satu Supra 2.000 dk yang cukup terkenal ada di Qatar milik Al Anabi Performance.

Menurut pemiliknya, ia mengganti turbo raksasa berukuran 98 mm dengan tekanan 85 Psi (setara 5.8 Bar).

4. Internal Overkill

Jeroan dari 2JZ-GTE ini pada dasarnya sudah heavy-duty dimulai dari piston, blok mesin, serta bagian pendukung lainnya.

Jadi kamu tidak perlu swap engine secara keseluruhan maupun sebagian, cukup gunakan jeroan aslinya yang sudah badak.

Tercatat banyak sekali modifikator di seluruh dunia yang mencari mesin bekas 2JZ meskipun umurnya sudah tidak muda lagi.

5. Perfection in detail

Sepertinya Toyota ingin sekali mempertahankan mesin ini, setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun sejak diluncurkan.

Terdapat fitur pada ruang mesinnya yakni mekanis penyemprot oli dari dinding silinder, fitur ini akan bekerja pada saat rpm tinggi dan hal ini bertujuan untuk mendinginkan piston.

Sampai hal detail seperti itu dipikirkan untuk mesin ini, apakah itu salah satu faktor yang membuat mesin ini awet sekali?

6. Square Cylinders

Banyak dari pabrikan yang memikirkan betul geometri dari mesinnya dan teruntuk 2JZ-GTE bore x stroke yang berukuran sama membuatnya memiliki bentuk ruang bakar yang kompak dan efisien dalam segi arsitektur mesin.

7. Perfect Balance

Mesin inline 6 silinder memungkinkan pergerakan angular yang lebih setara ketimbang V-engine karena vektor gaya yang berbeda sudut.

Hal ini membuat distribusi massa akibat ledakan saat terjadi pembakaran dapat lebih baik.

Susunan kubikasi yang besar, silinder sebanyak 6 dan konfigurasi segaris membuat mesin ini dapat berputar semakin halus saat digeber di putaran tinggi.

8. Bebas Gangguan Katup

Desain dari bukaan katup dan piston 2JZ-GTE sendiri memakai sistem no-interference.

Posisi ini menguntungkan karena bila kamu lupa mengganti timing belt dan akhirnya putus, mesin tidak akan rusak karena rancang mesin memungkinkan tidak adanya kontak pada katup dan piston.

Posisi terendah katup dan TMA (titik mati atas) piston tidak akan bertemu.

Dengan kata lain mau seburuk apapun maintenance kamu, desain dari mesin masih mendukung untuk tidak terjadi kerusakan.

9. Suku Cadang Original Tahan Banting

Timing belt dari 2JZ-GTE sendiri tidak akan slip selama kamu melakukan penggantian berkala sesuai anjuran Toyota.

Sementara itu oil pumps dan cooling system juga masih sanggup menahan 1.000 dk dalam keadaan standar.

10. Sequential Turbo

Standar dari turbo 2JZ-GTE adalah sepasang Turbo dari Hitachi yang bekerja secara sequential.

Turbo dengan skema kerja tekanan rendah akan bekerja di putaran bawah sedangkan mekanis untuk memainkan boost yang lebih tinggi akan bekerja saat putaran mulai tinggi.


Back to top