Tips
27 Nov 2019
7 Alasan Kamu Harus Servis Berkala 1.000 Km atau 1 Bulan Pertama
7 Alasan Kamu Harus Servis Berkala 1.000 Km atau 1 Bulan Pertama
By AndriGaul
Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan setelah membeli mobil baru Toyota.
Seperti, baca buku manual untuk mempelajari spek teknis dan berbagai fitur agar tidak salah urus.
Teknologi terkini membuat kualitas spare part meningkat dan celah kesalahan semakin kecil, tapi tetap butuh waktu agar terjalin kerjasama yang baik antar komponen sehingga mereduksi potensi kerusakan.
Yang tidak kalah penting, kamu wajib menjalani servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
Mengapa servis berkala di awal pemakaian kendaraan tersebut menjadi menu wajib?
1. Servis berkala 1 bulan pertama memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan.
2. Servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama juga merupakan media penting untuk memastikan bahwa mobil baru milik kamu berada dalam kondisi prima.
3. Merupakan deteksi dini kondisi mobil sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar.
Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan kamu terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan.
4. Servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota.
Ambil misal, ada masalah sepele di mobil kamu.
Tapi karena lupa atau malas servis berkala bulan pertama, kerusakan tersebut malah semakin membesar dan harus mengganti komponen yang rusak.
Kalau sampai ini terjadi, ada potensi klaim warranty kamu ditolak oleh bengkel resmi Toyota. Rugi kan?
5. Saat servis berkala 1 bulan pertama, seluruh komponen bergerak di mobil dilakukan pemeriksaan secara detail.
Bagian yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC dan head unit.
Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.
Lanjut ke bagian yang agak berat yakni mesin. Dilakukan pemeriksaan oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum.
Setelah itu menuju sistem penggerak seperti transmisi dan kopling. Serta bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil.
6. Jika ada kerusakan, langsung dilakukan penggantian secara gratis.
Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik mobil.
7. Tidak ada biaya yang harus dibayar oleh pemilik mobil untuk pemeriksaan komprehensif tersebut.